This is an Indonesian language based blog

Pertama2 gw mo ngucap Bismillahirohmanirohim
Trus, mohon maap kalo nih blog gw tulis ngga pake bahasa formal, nyante aja lah bro.
Abis itu, gw cuma nulis saat gw mau atau butuh karena tujuan nih blog cuma sebagai reminder aja karena gw pelupa & belum banyak pengalaman tentang Linux.

Rabu, 27 Januari 2016

Penyakit2 Suzuki Katana (yg pernah gw alamin)


1. Overheat, entah gimana distribusi panas saat gw pake (sehari abis keluar dari bengkel bang Diaz waktu itu masalah block bawah piston & ring piston pada berantakan). Turns out radiator isinya lumpur semua & ada retakan di block mesin atas. Sekarang mah udah normal, tapi kayanya ada bocor kecil, soale tiap hari kudu ngetes air di reservoir, next time ketemu bang diaz (mungkin antara tanggal 27 Januari sampek 3 Februari 2016) minta sekalian dicek bocor dimana. Semoga aja ga parah sampek ngeluarin duit lumayan gede.

2. Spion maut, agak berlebihan sih hehehe, tapi bisa banget bikin celaka. Kaca yg datar & gampang nunduk karena diterpa angin. Alhamdulillah udah diganti pake spion suzuki futura, tapi kalo masalah kekuatannya sih gw ga tau. InsyaAllah kuat terus lah.

3. Banjir di karburator, kmaren tanggal 26 Januari 2016 persis di jembatan sebelom RS. Tarakan Jakarta, tiba2 mobil gw mbrebet sampek mati, posisi ga pake AC. Dugaan gw sih banjir, tapi daerah sana ga memungkinkan bwt minggir dan nunggu kering sang karburator. Akhirnya gw coba pertahankan nyala terus sampek masuk ke Jl. Musi (belok kiri pas lampu merah berikutnya). Nah, gw nyari tempat yg bisa markir dan dapet di depan restoran padang. 

Buka kap, nyopot selang air filter (saat itu bensin netes sekitar seperempat gelas kecil deh). Setelah kering, gw coba start tapi ngga mau langsam (ga begitu ngerti istilah ini tapi kayanya keadaan stationer mesin di rpm tertentu). Setelah agak lama nunggu akhirnya gw konsultasi sama bang Diaz & dia ngarahin gw untuk ngelap tumpahan bensin dari karburator pake lap abis itu pencet gas dalem2, start dan lepas gas bertahap dari 3000 rpm ke 2000 rpm abis itu ke 1000 rpm, baru deh lepas. 

Ga taunya selepas 1000 rpm mesin mati mulu. Gw disuruh setel settingan gas, tapi sayangnya gw salah muter, harusnya kekanan malah kekiri. Yah setelah diomelin berkali2 baru deh belajar kalo salah dan gw setel kekanan daaaaaan mesin nyala di 1000 rpm stabil (langsam). baru deh gw berani jalan, tapi beru muter dikit rpm turun ke 700. ya akhirnya gw minggir lagi. telpon bang Diaz lagi & dia bilang naikin setelan gas sampek 1000 rpm lagi.

Nah setelah itu lanjay deh, karena gw ga berani naik tol, ya terpaksa lewat samping mall Taman Anggrek nyusur pinggiran tol sampek Kebon Jeruk. Setelah lewat lampu merah Kebon Jeruk ga taunya rpm naik lagi ke 1500 rpm, mau minggir bwt nurunin tapi macetnya lumayan.

Selepas tol Bintaro baru deh bisa nurunin ke 800 (saat itu nilai yg gw perkirakan aman), nah ternyata tarikan malah jadi enak banget, yaudin gw ngacir pulang kerumah.

Kejadian ini bikin gw sadar pentingnya ganti karburator pake punya Suzuki Carry Futura 1000 cc (sebenernya udah berencana, apa daya di project 1 malah nemu kerusakan laen yg lebih penting jadi ketunda deh). Gw udah pesen ke Bang Diaz bwt minta dicariin, semoga ngga mahal2 amat alias dibawah 1 Jutaan. Kalo lebih ya bakalan ada episode banjir lagi deh.

Update 1 : 
Sialnya bang Diaz ga dapet karburator yg kumplit, jadi ada perubahan sebaiknya nguprek header, pipanya sampek ke ujung knalpot biar bisa lebih irit & ada power bwt tarikan dibanding karburator. saat gw tanya knapa, dia bilang pilihan karburator ga lengkap 650ribu atau 950ribu juga ngga lengkap. So, jadinya kayanya gw ngikut aja deh. Itupun gw musti nabung sekitaran 1,5JT dulu......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar